BIA Lingkungan Ratu Rosari- Belajar Jalan Salib

BIA Lingkungan Ratu Rosari- Belajar Jalan Salib

Belajar Jalan Salib
di Gua Maria Sendang Kahuripan
bersama guru-guru PG-TK Pangudi Luhur

Minggu, 7 Oktober 2018 bertepatan dengan ulang tahun lingkungan Ratu Rosari, anak-anak Bina Iman lingkungan Ratu Rosari berkunjung ke Gua Maria Sendang Kahuripan yang bertempat di komplek Sekolah Pangudi Luhur Deltamas. Tepat pukul 09.00 WIB kami memulai kegiatan belajar dan mengenal Jalan Salib yang dipandu oleh guru-guru PG-TK Pangudi Luhur Bernardus Deltamas. Lingkungan Ratu Rosari mendapat kesempatan emas sebagai lingkungan pertama yang melakukan kegiatan Bina Iman di Gua Maria Sendang Kahuripan dan hall PG-TK Pangudi Luhur, dengan 8 orang pendamping dari PG-TK Pangudi Luhur yang dipimpin langsung oleh Kak Dwi Eko Darsini selaku kepala sekolah PG-TK Pangudi Luhur Deltamas.

Kedatangan kami pada saat itu telah dinanti oleh para pendamping BIA PL yang tidak lain adalah guru-guru PG-TK Pangudi Luhur Bernardus Deltamas. Pada saat Kak Dwi membuka acara, tanpa diduga hadir pula Br. Arnoldus. Beliau menyapa dan memberikan sambutan yang hangat akan kedatangan dan kegiatan yang akan kami lakukan di sana. Br. Arnoldus juga berharap jika lain waktu anak-anak Bina Iman di lingkungan yang lain dapat juga memiliki kesempatan yang sama untuk dapat belajar serta melakukan pendalaman iman di Komplek sekolah Pangudi Luhur Deltamas.

Acara diawali dari pukul 09.00 WIB, anak-anak dikumpulkan di hall PG-TK yang disambut dan disapa oleh Kak Amanda dan Kak Tina dengan lagu-lagu sekolah Minggu. Selanjutnya perkenalan dan sambutan hangat dari Bruder Arnoldus yang tiba-tiba datang dengan jubah putihnya menyapa anak-anak serta orang tua yang mengantar mereka. Setelah itu dilanjutkan dengan doa pembukaan yang dipandu oleh Kak Devi.

Acara berikutnya, anak-anak dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil untuk berjalan mengenal peristiwa dan doa-doa pada setiap perhentian Jalan Salib. Pembagian kelompok dilakukan sesuai dengan jenjang kelas Bina Iman yaitu, kelas Samuel yang didampingi oleh Kak Devi dan Kak Via serta pendamping dari lingkungan Bu Siti dan Bu Rumanti. Untuk kelas Daud didampingi oleh Kak Maria dan Kak Tina serta pendamping lingkungan ibu Rolida. Sedangkan untuk kelas Yusuf-Maria didampingi oleh Kak Amanda dan Kak Artha serta pendamping lingkungan Bu Ellen. Pengenalan Jalan Salib dilakukan di area Jalan Salib, tepatnya di belakang PG-TK Pangudi Luhur Bernardus.

Setelah semua kelompok selesai melakukan pengenalan Jalan Salib maka anak-anak, para pendamping serta beberapa orang tua berdoa di depan Gua dan berfoto bersama. Kemudian, kamipun kembali ke hall PG-TK untuk minum dan beristirahat sejenak. Kegiatan berikutnya adalah memahami makna dari Jalan Salib yang baru saja dilakukan dengan Kak Dwi. Bukan hanya sekedar belajar dan memahami tetapi ada juga kuis seputar Jalan Salib dengan hadiah yang menarik. Peserta kuis dibagi menjadi 6 kelompok di mana mereka ditugaskan untuk menyusun gambar perhentian Jalan Salib dari 1 sampai 14. Ada juga game perahu tenggelam dan game kaki seribu yang dipandu oleh Kak Etik dan Kak Dwi. Setelah game anak-anak diingatkan dengan bacaan Injil yang dipandu oleh Kak Maria. Dari serangkaian kegiatan tersebut nampak wajah-wajah berseri-seri dari anak-anak.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama serta bermain. Kemudian, Bapak Andri selaku ketua Lingkungan Ratu Rosari dan Ibu Siti selaku ketua Bina Iman Ratu Rosari mengucapkan terima kasih atas pendampingan Bina Iman yang telah diberikan oleh Kak Dwi dan kawan-kawan.

Acara ditutup dengan doa yang dipandu oleh Ibu Rolida selaku pendamping Bina Iman Ratu Rosari. Pukul 12.00 WIB kami akhiri kegiatan Belajar Jalan Salib di Gua Maria Sendang Kahuripan bersama para pendamping dari PG-TK Pangudi Luhur.

Martha Retnaningtyas Dwi Savitri

Dipost Oleh Simon Aldwin

Post Terkait